Tips Mencegah Virus Masuk Komputer Kita

Berbicara tentang virus komputer memang sangat menjengkelkan ketika komputer kita diserang oleh virus. Ada beberapa virus yang saya benci dari pengalaman virus yang sudah pernah menyerang komputer saya, apalagi sebelum saya tahu bagaimana cara mengatasi virus - virus tersebut. Virus komputer yang membuat saya jengkel antara lain virus yang mempunyai ciri menyembunyikan file dokumen seperti file Ms. Word dengan atribut super hidden. Dulu sebelum saya tahu virus saya sangat bingung ketiak file - file tugas di flashdisk lenyap seperti dihapus. Virus lain yang paling membuat saya jengkel yaitu virus trojan yang menginfeksi file berekstensi exe, dan pengalaman saya salama ini, ketika file exe sudah terinfeksi virus ini sudah tidak terselamatkan lagi alias harus dihapus, dan kalu sudah begitu mau tidak mau kita harus mencari gantinya alias download ulang lagi.

Selain virus - virus tersebut masih banyak lagi virus yang sudah sering saya jumpai mulai dari yang menurut saya tidak bahaya  sampai yang berbahaya, dari yang cuma membuat lelet komputer sampai yang bisa merusak file sistem dan langka terakhit yang harus diambil adalah "Reborn" alias install ulang. Kalau sudah begitau bagi para orang awam seperti saya dulu harus rela kehilangan uang paling tidak Rp 50.000 agar komputer bisa normal kembali ke tukang servis.

Disini saya akan membagikan tips untuk paling tidak mencegah komputer anda agar tidak dimasuki oleh virus. Cara ini merupakan cara paling sederhana bagi orang awam seperti saya. Cara untuk menghindari komputer terserang oleh virus antara lain :

1. Jangan membuka sembarang file asing di flashdisk.

Usahakan lihat dulu file apa file asing tersebut dengan cara mengaktifkan ekstensi file di "Folder Option". Terkadang kita terkecoh dengan file ber-icon wanita cantik dan mengira itu adalah file gambar yang ternyata virus yang berekstensi exe, scr, atau lnk.

2. Install anti virus terbaru.

Setelah install ulang komputer jangan lupa install juga anti virus untuk komputer, usahakan untuk menginstall anti virus versi terbaru yang mempunyai pengenalan virus samapi yang terbaru juga. Saran saya gunakan satu antivirus lokal seperti"smadav" dan satu antivirus internasional seperti avast, avg, dan lainnya.

3. Selalu update antivirus

Meskipun antivirus anda berstatus free alias gratis jangan takut virus akan masuk komputer anda jika paling tidak setiap minggu anda mengupdate antivirus anda. Karena saya sudah mebuktikan sendiri antivirus gratis yang terus update akan melindungi komputer anda dari serangan virus.

4. Disable autorun pada flashdisk

Cara ini bisa digunakan untuk mencegah virus yang dapat menyerang komputer saat flashdisk ditancapkan ke komputer. Cara untuk mendisable autorun pada flashdisk salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Autorun Manager.

5. Kompres aplikasi installer

Ada beberapa virus yang dapat menginfeksi file exe dan dapat merusak file tersebut. Untuk menghindari file exe itu anda bisa mengompres file tersebut dalam bentuk rar, zip, atau yang lainnya.

Itulah beberapa cara yang sudah pernah saya praktekkan selama ini untuk menghindari virus masuk ke dalam komputer kita. Jika ada hal lain yang kurang dimengerti dapat ditanyakan di kolom komentar. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar