Mengatasi Lenovo G40-45 Hidup Mati Berulang ( Loop )

Kemarin saya mendapat laptop/ notebook servisan yang bermasalah saat booting, notebook tersebut adalah Lenovo G40-45. Masalah pada laptop tersebut yaitu ketika dinyalakan hanya muncul sesaat dan memunculkan menu, seperti Normal Startup, BIOS Setup, Boot Menu, dan System Recovery. Namun ketika kita akan memilih salah satu dari menu tersebut belum sempat masuk pada salah satu menu tersebut, tapi laptop tersebut akan mati lagi. Dan yang jadi masalah hal itu akan terus berlanjut sampai baterai habis jika kita tidak mencopot baterainya.

Saya baru kali ini menemukan masalah seperti ini karena saya sendiri juga baru belajar menjadi teknisi. Awalnya saya pikir ada yang bermasalah dengan RAM namun ketika saya ganti dengan RAM yang lain masalah tersebut masih tetap.

Saya kemudian mencari referensi dari internet, saya cari - cari akhirnya saya menemukan Link Youtube yang menjelaskan solusi dari masalah yang saya alami tersebut. Dalam video yang berdurasi lumayan panjang tersebut saya sedikit paham dan kemudian saya coba melakukan solusi sendiri tanpa mencopot/ membongar / mengganti komponen seperti yang dijelaskan pada video tersebut.

Dari video yang saya lihat dan kemudian saya cari solusi pada permasalahan pada Lenovo G40-45 tersebut dan kemudian masalah dapat terselesaikan dan mendapat solusi maka kesimpulannya adalah :

Lenovo G40-45 yang mengalami mati nyala berulang  ( loop ) dan masuk pada menu - menu seperti Normal Startup, BIOS Setup, Boot Menu, dan System Recovery, maka dipastikan rusak pada tombol OneKey Recovery"


" Letak Tombol OneKey Recovery Lenovo G40-45"

Solusi :

- Bagi Pemula dan Tanpa Bongkar ( Seperti Saya  )

  • Cabut baterai notebook
  • Tekan secara berualang pada tombol OneKey Recovery
  • PAsang baterai dan nyalakan notebook ,biasanya pada tahap ini jika rusak tombol tidak parah maka notebook akan menyala normal kembali

- Bagi teknisi Pro dan semi Pro

  • Bongkar notebook dan cabut tombol OneKey Recovery tersebut ( pada tahap ini sebenarnya masalah sudah terselesaikan, namun tombolnya jadi tidak bisa digunakan. Tapi jika anda punya sparepartnya silakn diganti karena tombol OneKey Recovery ini juga berguna untuk masuk Bios dan Menu Boot tanpa menekan tombol pada keyboard yang biasanya harus menekan tombol Fn + F2 untuk masuk bion dan Fn + F12 untuk masuk Menu Boot ).
  • Untuk panduan melepas dan mengganti tombol tersebut silakan lihat videonya pada Link di bawah ini ( bukan chanel youtube saya hehe ) .

Semoga penjelasan saya diatas dapat membantu menyelesaikan permasalahan anda , Terima Kasih.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Kalau leptop lama masuk menu itu apanya y

    BalasHapus
  2. Masalah yang sama pada laptop saya. Apakah ada kemungkinan jika OS nya yang mengalami kerusakan?

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat, terima kasih.

    BalasHapus

MOHON TULISKAN KOMENTAR, SARAN ATAU KRITIK YANG MEMBANGUN DAN TIDAK MENGANDUNG SARA ATAU PELECEHAN.
TERIMA KASIH