Cara Membuat Komputer Berbicara Tanpa Menggunakan Software

Membuat komputer bicara? Bisa?, iya bisa sekali. mungkin banyak dari temen - temen yang sudah tahu kode untuk membuat komputer bicara, bagi yang belum tahu caranya silakan baca postingan saya ini sampai finish.

Awal mula saya mengerti cara bikin komputer bicara ketika saya yang dari dulu hobi download theme untuk windows menemukan aplikasi yang sudah include di dalam file kompresan theme tersebut yang bernama “install.vbs”. Karena saya juga masih gaptek jadinya saya langsung aja doble klik aplikasi tersebut dan ternyata aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk install theme yang menggunakan petunjuk suara. Awalnya saya kaget kok bisa ya komputernya ngomong? Karena saya juga pernah dikit – dikit pernah baca buku ternyata aplikasi vbs bisa diedit menggunakan notepad saja, jadi saya bongkar aja tu aplikasi, saya liat dikit – dikit kodenya akhirnya saya sedikit paham gimana cara bikin komputernya bisa ngomong itupun karena ada tulisan voice – voice gitu.

Kode yang saya temukan itu kemudian saya comot aja dan saya copy paste di notepad baru dan saya ganti sedikit kata – katanya lalu saya save lagi dalam format “vbs” dan ternyata benar, setelah aplikasi vbs saya eksekusi komputer saya bisa ngoceh. Gimana cara bikinnya? Silakan cek langkah – langkah di bawah ini:


  • Buka notepad lalu copy paste kode di bawah ini
  • ngomong="bisa diganti"
    set ObjVoice=CreateObject("SAPI.SpVoice")
    objvoice.speak ngomong
  • Setelah itu ganti kode yang berwarna merah dengan kata – kata anda sendiri ( lebih baik menggunakan bahasa inggris ).
  • Kemudian save dengan dengan format “vbs” ( misalnya : ngemeng.vbs )
  • Jangan lupa pada saat menyimpan hasilnya temen – temen ganti dulu “save as type” – nya menjadi “All Files
  • Sudah selesai, silakan cek apakah aplikasi berjalan dan komputer bisa bicara ( untuk contoh aplikasinya silakan download dibagian bawah postingan ini ).

Saya juga sering menggunakan aplikasi ini setelah instalasi OS baru di laptop temen – temen saya untuk suara pengganti windows saat start – up. Caranya tinggal kita letakkan saja aplikasi ‘vbs’ yang kita buat di folder start – up.

Itulah sedikit sharing dari saya tentang cara untuk membuat komputer berbicara tanpa menggunakan software. Terimakasih atas kunjungan temen – temen yang sudi membaca blog saya ini. Saya tunggu tanggapan, saran, dan kritiknya dari temen – temen semua. Semoga bermanfaat.

Download contoh aplikasi :

Downloads:

Posting Komentar

1 Komentar

  1. ijin comot bos,asik tuh ide nya,moga jalan terus,makasih impo nya?

    BalasHapus

MOHON TULISKAN KOMENTAR, SARAN ATAU KRITIK YANG MEMBANGUN DAN TIDAK MENGANDUNG SARA ATAU PELECEHAN.
TERIMA KASIH