Penjelasan Beberapa Fitur Penting Pada Folder Option

Saya akan menjelaskan beberapa fitur yang terdapat pada Folder Option pada sistem operasi windows yang mungkin dapat berguna sesuai dengan yang saya ketahui saja. Saya hanya akan menjelaskan fitur pada tab General dan beberapa pada tab View. Dalam hal ini saya menggunakan Folder Option di Windows 7. Cara untuk membuka Folder Option dapat didownload di bawah artikel ini.

1. Tab General

* Browse Folder

Pada pilihan ini terdapat dua pilihan, pilihan pertama yaitu "Open each folder in the same window", pilihan ini berarti akan membuat kita ketika membuka suatu folder akan terbuka pada jendela yang sama. Pada pilihan kedua "Open each folder in its own window" yang berarti ketika kita membuka suatu folder akan terbuka pada jedela baru.

* Click item as follow

Pada pilihan ini kita diberi pilihan bagaimana cara membuka file atau folder. Pilihan "Single-click to open an item" yaitu untuk membuka file atau folder kita hanya menggunakan satu klik saja. Dan pilihan "Double-click to open an item" yaitu untuk membuka file atau folder dengan menggunakan dua kali klik seperti pada umumnya.

2. Tab View

Saya tidak akan menjelaskan semua fitur pada tab ini saya hanya akan menjelaskan beberapa fitur pada pilihan " Advanced Setting " saja.

* Hidden files and folders

Pilihan ini digunakan untuk menampilan atau menyembunyikan file atau folder dengan atribut hidden. Untuk menyembunyikan file atau folder yang di hidden yaitu dengan memilih pilihan "Don't show hidden files, folder, or drives". Untuk menampilkan file atau folder yang di hidden yaitu dengan memilih pilihan "Show hidden files, folder, or drives".

* Hide extension for known file types


Pilihan ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan ekstensi file. Saya pribadi biasanya menonaktifkan pilihan ini untuk mengetahui jenis - jenis file dan hal ini menurut saya juga bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi file tersebut merupakan virus atau bukan.

* Hide protected operating system files (Recommended)

Pilihan ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan file atau folder dengan atribut super hidden. File atau folder yang terserang virus pada flashdisk biasanya dirubah atributnya menjadi super hidden yang kita mengira file atau folder tersebut sudah terhapus. Untuk melihat file yang hilang tersebut anda bisa menonaktifkan pilihan ini.


Download shortcut folder option pada windows 7

Posting Komentar

0 Komentar