MENGORGANISASI PROGRAM SAAT WINDOWS START-UP

Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer, salah satu cara untuk meningkatkan performa komputer adalah dengan cara men-disable atau menghapus beberapa program yang mungkin kurang berguna pada saat start-up windows. Ada beberapa cara untuk mengatur program apa saja yang diprioritaskan berjalan pada saat start-up windows yaitu dapat melalui ‘Registry Editor’, ‘System Cofiguration’, atau dengan cara yang lebih mudah dengan menggunakan beberapa software seperti Tune Up Utilities atau Ccleaner.

Pada kesempatan ini saya akan membahas satu per-satu dari cara – cara di atas. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur start-up program yaitu dengan mengaturnya pada ‘System Configuration’, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Klik [Start] > [Run] Ketikan perintah ’msconfig’ tanpa tanda kutip, kemudian [Enter] atau [OK] maka akan ditampilkan jendela ‘System Configuration’ dan pilih tab ‘startup’.
  2. run
    run "msconfig"
  3. Untuk pengguna Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 pada tab startup langsung ada list program yang -berjalan saat start-up ( maaf tidak disertai gambar karena saya menggunakan Windows 8 ) tinggal kita pilih saja dengan cara menghilakan check-list pada check-boxnya kemudian klik [Apply] atau [OK] maka akan muncul dialog box yang menginformasikan untuk restart atau keluar tanpa restart. Pilih restart untuk merasakan perubahannya.
  4. Untuk pengguna Windows 8 setelah masuk ‘System Configuration’ dan memilih tab ‘startup’ klik tulisan “Open Task Manager” atau untuk lebih cepat jika tanpa masuk ‘System Configuration’ terlebih dahulu langsung tekan 'ctrl – alt – delete' secara bersamaan dan kemudian pilih task manager, atau dengan cara klik pada taskbar dan pilih task manager untuk memunculkan jendela task manager kemudian pilih tab startup. Pilih mode ‘more details’ untuk memunculkan tabs startup.
  5. System Configuration
    Tampilan System Configuration pada Windows 8
     atau

    Taskbar
    klik pada taskbar dan pilih task manager
  6. Setelah masuk tab startup lalu akan muncul list program yang -berjalan saat start-up. Klik kanan saja program yang akan di-disable untuk tidak berjalan pada saat start-up. Close task manager dan restart windows untuk merasakan perubahannya.
  7. Task Manager
    Task Manager Windows 8 - SartUp
  8. Selesai.
Selain menggunakan cara diatas ada cara yang lain lagi, cara kedua untuk mengatur program yang berjalan saat start-up yaitu melalui Registry Editor. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik [Start] > [Run] Ketikan perintah ’regedit’ tanpa tanda kutip, kemudian [Enter] atau [OK] maka akan ditampilkan jendela ‘Registri Editor’.
  2. run
    run "regedit"
  3. Pilih [Hkey_Lokal_Machine] > [SOFTWARE] > [Microsoft] > [Windows] > [CurrentVersion] > [Run] , disitu akan muncul list program yang berjalan saat start-up. Klik kanan program yang akan di non aktifkan saat startup pilih saja ‘delete’.
  4. Registry Editor
    Registry Editor - Run
  5. Lakukan juga pada [Hkey_Current_User] > [SOFTWARE] > [Microsoft] > [Windows] > [CurrentVersion] > [Run] dan juga [Hkey_Users] > [.Default] > [SOFTWARE] > [Microsoft] > [Windows] > [CurrentVersion] > [Run] Setelah selesai restart windows untuk merasakan perubahannya.
Dua cara diatas merupakan cara yang menggunaka tool asli bawaan windows, cara yang ketiga untuk mengatur program apa saja yang dijalankan pada saat start – up yaitu dengan menggunakan software dari pihak ketiga. Ada banyak software tweaker untuk dapat digunakan, akan tetapi saya kali ini hanya akan mencotohkan denagnsatu software saja yaitu dengan menggunakan program Ccleaner. Langkah – langkah penggunaan ccleaner adalah sebagai berikut :

  1. Download program ccleaner terlebih dahulu juka anda belum punya di http://www.piriform.com/ccleaner/download ( pilih saja yang free )
  2. Setelah selesai download install program ccleaner ( saya tidak menyertakan cara installasinya karena saya yakin temen – temen semua bisa ). Buka programnya selesai installasi.
  3. Klik saja menu ’Tool’ kemudian pilih ‘Startup’, disana akan terlihat list program yang berjalan pada saat startup, klik kanan program yang akan dinon-aktifkan kemudian pilih disable atau delete terserah temen – temen. Selesai. Tinggal direstart saja untuk melihat perubahannya.
  4. CCleaner Pro Business
    CCleaner - StartUP
Dari ketiga cara diatas silakan pilih satu yang menurut temen – temen semua dianggap paling mudah. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat dan dapat membantu bagi temen – temen. Mohon tinggalkan komentar, saran atau kritik tentang tips yang saya berikan ini agar kedepannya dapat lebih berkembang lagi. Terima Kasih.

nb:
  • REFERENSI : "Pengalaman Pribadi Penulis"

Posting Komentar

0 Komentar